Supplier Sayuran dan Buah Segar - UD.Sumber Pangan Sejahtera - 021 29430646 - 082123652666 - BBM 53F47306

13 Sep 2013

Buah Alpukat Memiliki Banyak Manfaat

Buah Alpukat
Buah Alpukat atau Persea Americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.
Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.
Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.
Buah Alpukat memiliki banyak manfaat, bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur, batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar, kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit, daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah alpukat juga bisa untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun alpukat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Sebagai obat herbal biji buah alpukat dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis. Di restauran dan warung makanan, buah alpukat adalah minuman favorit pengunjung yang disajikan dalam bentuk juice buah alpukat atau pun es alpukat kerok.
Oleh Admin Sayur Segar